Shivering Process


Proses yang membuat saya menggigil. Lagi-lagi yang akan saya ungkap dari judul  “Shivering Process” ini masih tentang makna hidup. Memaksakan keterbatasan saya untuk mencerna tentang hidup secara detail dan menjabarkannya dalam satu lembar tulisan. Mendefinisikan hidup yang begitu kompleks dan rumit dengan kejadian yang terjadi secara alami atau saya desain sendiri, dan saya harap akan menghasilkan suatu hasil.

Sangat besarnya arti makna hidup, sehingga tidak mungkin bisa saya jabarkan dari pengalaman saya, yang masih sangat muda. Sebagian mungkin telah saya dapatkan dari nasihat orang tua, kata-kata bijak tentang hidup dan dari berbagai media, buku-buku tentang makna hidup yang di tulis dengan tegas oleh Mitch Albom; Tuesday with Morrie & Five people u’ve met in heaven, oleh Paulo Coelho; The Alchemist, The Zahir, by The River Piedra I Sat Down and Wept, dan masih banyak lagi. Saya memebeli beberapa buku dan judul yang berbeda, tapi kenapa saya tetap mencari dan membeli buku yang lain? karena tidak ada satupun buku yang dapat memeberikan dan kepuasan bagi saya(pembaca) untuk benar-benar menemukan apa itu arti hidup.

Ketika saya menoleh ke belakang, melihat objek-objek samar pada masa lalu, saya menggigil.  Saya berbicara di dalam hati, “Jadi, kira-kira seperti inilah hidup”, membuat saya semakin bersemangat melanjutkan petualangan ini.

“Shivering Proccess” adalah proses dalam hidup, dan tentu setiap orang pasti melewati proses dalam hidupnya. Tetapi tidak semua dari mereka mencoba meniti perjalanan hidupnya kembali. Meniti dari detail terkecil sampai ke berbagai momen besar, dan semua hanya untuk mengenali perubahan yang diciptakan terhadap sifat-sifat dari beberapa objek. Jika seseorang mengacuhkan itu, mengabaikannya. Mungkin orang itu tidak akan pernah belajar dari hidup dan bagi saya mereka hanya akan berputar-putar di tempat, tidak maju tapi mungkin bisa juga mundur.

Each and every tiny details in life has been prepared and crafted specifically to serve as a lesson for each one of us.”  Author of Glancing Through Life 

Saya sudah merasa cukup untuk menceritakan masa lalu dan proses dalam hidup saya. Tetapi bagaimana jika cerita masalalu saya dapat diganti dengan proses yang lebih penting bagi anda? Yaitu proses dalam hidup anda sendiri. Proses hidup yang baru, berbeda dan pasti lebih bermakna. Saya yakin sekali proses pejalanan hidup anda menuju ke satu titik. Satu, bukan sepasang atau beberapa. Apa yang anda telah lalui mungkin terasa biasa atau mungkin luar biasa, itu semua sama seperti anda berkendara ke suatu tempat melewati berbagai jenis jalan, yang kotor atau sebaliknya, yang rusak atau sebaliknya, naik-turun,  berbelok-belok, tetapi akhir perjalanan itu ada tujuan yang sebenarnya dan anda sudah ada di jalan yang benar.

Singkat saja, untuk melihat suatu proses dalam hidup, anda tidak perlu menggunakan rumus, membaca buku panduan atau mungkin berkutat seharian di perpustakaan, semua itu ada di kepala anda dan anda hanya perlu melihat kebelakang untuk beberapa saat, meniti setiap detail terkecil, sadari perubahan dan bersyukur.

~ ~ ~

You say grace before meals. All right. But i say grace before drink, and grace before the play, and grace before i open a book, and grace before sketching, painting, swimming, fighting, flirting, playing, dancing and grace before i dip the pen in the ink. ~Moussa Isaac Askey

Author: Moussa Askey

It sounds easy, but it is not. I know because i am writing my first book: "Begin at the beginning and go on till you come to the end: then stop" (Alice in the Wonderland)

1 thought on “Shivering Process”

Leave a Reply

